Mengomentari Pendapat Narasumber

MATERI KELAS IX SEMESTER GANJIL

Mengomentari Pendapat Narasumber merupakan materi ke dua pada Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IX di semester ganjil. 

Nah, untuk lebih memudahkan kalian pada postingan kali ini akan membahas tentang Mengomentari Pendapat Narasumber ,Berikut Materinya

Mengomentari Pendapat Narasumber
Mengomentari Pendapat Narasumber

Kemampuan apa yang harus kamu kuasai
Setelah mempelajari materi dalam kompetensi dasar ini kamu diharapkan dapat:
  1. menyatakan informasi yang tersirat dalam dialog interaktif
  2. mengomentari pendapat masing-masing narasumber

Pada pembelajaran yang lalu kamu sudah mengikuti dialog interaktif tentang pemerintahan, mencatat hal-hal penting isi dialog, dan menyimpulkan isinya. Pada pembelajaran ini kamu diajak kembali untuk mendengarkan dialog interaktif seputar olahraga. Banyak informasi tersirat yang disampaikan narasumber dalam dialog. Tak jarang informasi tersirat itu justru menjadi salah satu informasi penting yang harus dicatat. Untuk itulah kamu diajak untuk menemukan informasi tersirat dalam dialog kemudian memberikan komentar terhadap informasi yang disampaikan narasuber.

Menyatakan Informasi Tersirat dalam Dialog Interaktif 

Pendapat narasumber dalam dialog ada kalanya berupa informasi tersirat. Informasi tersirat adalah informasi yang tersembunyi dibalik informasi lain. Informasi tersirat merupakan informasi yang secara implisit terkandung dalam sebuah informasi tertentu. Pendengar atau pemirsa dapat menemukan sendiri informasi tersirat itu dengan menganalisis informasi tersurat.

Simak baik-baik dialog interkatif yang akan diperdengarkan oleh Bapak atau Ibu guru. Simakan dialog juga dapat dilakukan dengan memerankan transkrip dialog interaktif yang terdapat dalam lampiran buku ini.

Demikian pembahasan tentang materi Mengomentari Pendapat Narasumber. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda dan tunggu materi selanjutnya.

0 Response to "Mengomentari Pendapat Narasumber"

Posting Komentar

Komentar dan Bertanyalah dengan Bijak

DMCA.com Protection Status Academics Blogs
submit a blog